1.Pengertian Sistem Operasi
Sistem koputer pada dasarnya terdiri dari 4 komponen utama yaitu Perangkat keras, Sistem aplikasi, Sistem Operasi dan pengguna.Sistem operasi merupakan program yang digunakan untuk mengendalikan dan mengkoordinasikan kegiatan dari system computer. Sistem operasi berfungsi untuk mengatur dan mengawasi  semua operasi dalam perangkat keras Komputer oleh berbagai program aplikasi serta para pengguna. System operasi sering juga disebut resourse allocator. Satu lagi fungsi system operasi adalah program pengendali yang bertujuan untuk menghindari kekeliruan (error) dan penggunaan komputer yang tidak perlu.
Tiga sasaran utama system operasi adalah “Kenyamanan” artinya membuat pengguna komputer menjadi lebih nyaman, “Efisien” artinya pengguna sumber daya system komputer secara efisien, Serta mampu “berevolusi”
artinya system operasi harus dibangu
n sehingga memungkinkan dan memudahkan pengembangan, pengujian serta pengajuan system yang baru.
      Contoh : Windows, Linux, MAC, Unix, Posix dst.
           2.Sejarah Sistem Operasi
·         Generasi Pertama (1945 – 1955)
Merupakan awal perkembangan system komunikasi elektronik sebagai pengganti system komunikasi mekanik. Pada generasi ini belum ada Sistem Operasi maka system komputer diberi intruksi yang harus dikerjakan secara langsung.
·         Generasi Kedua (1955 -1965)
Generasi kedua memperkenalkan Bath Processing System, yaitu Job yang dikerjakan dalam satu rangkaian, lalu bereksekusi secara berurutan. Generasi ini system computer belum dilengkapi dengan system operasi tetapi beberapa fungsi system operasi telah ada, contohnya fungsi system operasi adalah FMS dan IBSYS
·         Generasi Ketiga (1965 -1980)
Pada generasi ini perkembangan Siatem opersi dikembangkan untuk melayani banyak pengguna sekaligus, dimana para pemakai interaktif berinteraksi lewat terminal secara On-Line ke komputer, maka system operasi menjadi Multi-User ( digunakan banyak pengguna sekaligus) dan Multi-programing (melayani banyak program sekaligus)
·         Generasi Keempat (pasca 1980an)
Dewasa ini system operasi dipergunakan untuk jaringan komputer, dimana para pemakai menyadari keberadaan computer-komputer yang saling berhubungan satu sama lain. Dengan pemanfaaatan seperti ini akan semakin memudahkan pekerjaan.
             3.Jenis Sistem Operasi
Seperti telah disinggung di depan banyak jenis sistem operasi yang bisa digunakan, antara lain : POSIX, UNIX, MS DOS, MS Windows, LINUX, APPLE, dll. Dari sekian banyak system operasi ada system operasi yang interface (kontak) dengan user (pengguna) yaitu menggunakan TEXT missal : DOS, Posix, Unix, linux. Dan ada juga yang kontaknya menggunakan GUI (graphical Unit Interface) misalnya: Ms Windows,Linux, MAC OS (Linux dapat berbasis TEXT dan GUI).
System operasi berbasis Text menggunakan interaksi dengan perintah-perintah yang berupa teks lain halnya dengan GUI menggunakan interaksi dengan gambar-gambar/symbol-simbol. System operasi berbasis GUI disebut juga “user friendly”.
            Contoh Sistem Operasi
a.       Windows
Windows merupakan salah satu operating system yang paling banyak digunakan oleh sebagian masyarakat luas, karna windows mudah untuk digunakan. Windows lebih popular dari SO lainnya. Dan banyak software-software yang compatible terhadap SO windows.
Versi Windows:
·         16 Bit berjalan diatas Ms. DOS
*  1985 November  à Windows 1.0
*  1987 9 Desember  à Windows 2.0
*  1990 22 Mei à Windows 3.0
*  1992 Agustus à Windows 3.1
*  1992 Oktober à Windows 3.1 For Work Group
*  1993 November à Windows 3.11 For Work Group
·         Hibrida ( 16/32 Bit )
* 1993 24 Agustus à Windows 95
*  1998 25 Juni à Windows 98
*  1999 5 Mei à Windows 98 SE (Second Edition)
*  2000 19 Juni à Windows ME (Milenium Edition)
·         Berbasis Kernel ( Windows NT ) Network
*  1993 Agustus à Windows NT 3.1
*  1994 September à Windows NT 3.5
*  1995 Juni à Windows NT 3.51
*  1996 29 Juni à Windows NT 4.0
*  2000 17 Februari à Windows 2000 (Versi: NT 5.0.2195)
*  2002 à Windows XP (Versi: NT 5.1.2600)
*  2003 à Windows Server 2003 (Versi: NT 5.2.3790)
*  2006 à Windows Vista (Versi 6.0 Build 6000)
*  2007 à Windows Home Server (Versi 6.0.1800.24)
*  2008 à Windows  Server 2008 (Versi 6.1)
*  2009 à Windows 7 (Versi 6.1)
*  2009 à Windows  Server 2008 R2 (Versi 6.1)
·         Akan dirilies Berbasis Kernel Windows NT
Direncanakan tahun 2012 windows 8
b.      Linux/ GNU
Linux merupakan system operasi yang sangat popular (setelah Windows ), Linux mendukung banyak perangkat keras yang ada pada komputer dan telah digunakan di berbagai peralatan dari komputer pribadi, super komputer dan system benam (ponsel, kamera digital). Linux dibuat dan dikembangkan serta digunakan oleh peminatnya saja.
Mascot Linux bergambar Pinguin /Tuk. Linux adalah trade mark resensi resmi dari pembuat yang di miliki Linux Troval ds
Kelebihan Linux
·         Full Multitasking,memungkinkan user dapat menjalankan banyak aplikasi  pada saat bersamaan.
·         Full Multiuser,memungkinkan banyak user dapat melakukan login di sebuah computer secara bersama-sama.
·         Mendukung implementasi lengkap TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) yang memungkinkan suatu computer terhubung dengan jaringan dan internet.
·         Dapat menyimpan data dalam berbagai jenis sistem file.
·         Memiliki banyak aplikasi pendukung yang diciptakan oleh GNU.
·          Perkembangannya cepat dan berkesinambungan.
·          Lebih murah.Dapat diperoleh secara gratis dan bebas.
·          Lebih stabil (tidak cepat crash).
·          Tingkat keamanan data lebih terjamin
·         Mendukung memori virtual.Memungkinkan program menggunakan library secara bersama-sama,sehingga file executable dapat lebih sedikit menggunakan ruang disk.
·          Mendukung untuk multiconsole dimana pada saat bersamaan di depan computer langsung tanpa harus melalui jaringan dan memungkinkan lebih dari satu user masuk ke sistem.
Versi Linux
·         Ubuntu dan derifatifnya : Sabily ( Ubuntu Muslim Edition ), Kubuntu, Xubuntu, Edubuntu, Gobuntu, Gnewsense, UbuntuCE.
·         SuSE
·         Fedora
·         Mndriva
·         Slackware
·         Debian
·         PCLinuxOS
·         Xnoppix
·         Xandros
·         Sabayon
·         CentOS
·         Red hat

Dan masih banyak lagi Sistem Operasi yang tidak mungkin kita bahas satu per satu. Windows dan Linux merupakan system Operasi yang paling popular saat sekarang ini.